Sabtu, 04 April 2009

MATERI 6

LOGIKA FUZZY

Materi ini membahas tentang matakuliah Kecerdasan Buatan tentang Logika Fuzzy

LOGIKA FUZZY

PENGERTIAN

  • Logika fuzzy pertama kali diformulasikan dalam sebuah seminar oleh Lotfi A Zadeh dari University of Califonia, Berkeley tahun 1965
  • Metode ini diformulasikan dalam rangka mencari nilai tengah antara bilangan Aristoteles 0 dan 1
  • Logika fuzzy merupakan peningkatan dari logika boolean
  • Menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran
  • Dasar logika fuzzy adalah memformulasikan bilangan antara 0 dan 1 atau lebih tepat 0.0 dan 1.0
ALASAN MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

  • Konsep logika fuzzy mudah dimengerti.konsep matematis yang mendasari penalaran fuzzy sangat sederhana dan mudah dimengerti.
  • Logika fuzzy sangat flexibel.
  • Logika fuzzy memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat.
  • Logika fuzzy dapat membangun dan mengaplikasikan pengalaman-pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus melalui proses pelatihan.
  • Logika fuzzy dapat bekerja sama dengan teknik-teknik kendali secara konvensional
APLIKASI LOGIKA FUZZY

  • ABS pada sistem pengereman mobil
  • patern recognition untuk mengenal tulisan tangan pada mobile device
  • image processing
  • aplikasi robotik
  • Traffic light yang modern bisa juga dibuat dengan metode fuzzy logic sehingga dapat bekerja sepintar pak polisi lantas. Jika beban kendaraan di satu ruas persimpangan lebih padat, maka lampu hijaunya akan menyala lebih lama
  • Input fuzzy berupa bilangan crisp (tegas) yang dinyatakan dalam himpunan input.
  • Fuzzifikasi merupakan proses untuk mengubah bilangan crisp menjadi nilai keanggotaan dalam himpunan fuzzy.
  • Fuzzy inference system merupakan bagian pengambilan kesimpulan (reasoning) dan keputusan.
  • Knowledge base berisi aturan-aturan yang biasanya dinyatakan dengan perintah IF …. THEN….
  • Defuzzification merupakan proses untuk merubah nilai output fuzzy menjadi nilai crisp.
HIMPINAN CRISP

  • Nilai keanggotaan suatu item x dalam suatu himpunan A, yang sering ditulis dengan uA[x], memiliki 2 kemungkinan yaitu :
  • satu (1), yang berarti bahwa suatu item menjadi anggota dalam suatu himpunan, atau
  • nol (0), yang berarti bahwa suatu item tidak menjadi anggota dalam suatu himpunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar