Selasa, 03 Maret 2009

MATERI 4

PENCARIAN

Materi ini membahas lanjutan dari materi sebelumnya,di materi ini kita akan membahas lebih dalam tentang Pencarian Heuristik

PENCARIAN

Ada empat metode pencarian heuristik :

  • Pembangkit dan Pengujian (Generate & Test)
  • Pendakian Bukit (Hill Climbing)
  • Pencarian terbaik pertama (Best First Search)
  • Simulated Annealing
Pencarian terbaik pertama (Best First Search)
Pengertian : Metode best-first search ini merupakan kombinasi dari metode depth-first search dan metode breadth-first search dengan mengambil kelebihan dari kedua metode tersebut.
1. Penentuan node berikutnya adalah node yang terbaik yang pernah di bangkitkan
2. Menggunakan informasi
  • Biaya perkiraan
  • Biaya sebenarnya
3. Terdapat dua jenis
  • Greedy Best First Search = biaya perkiraan f(n)=h(n)
  • A* = f(n)=g(n) + h(n)
Keuntungan :
  • Memperbolehkan kembali ke node pada level lebih rendah meskipun node pada level terendah tersebut memiliki nilai heuristik lebih rendah
Untuk mengimplementasikan metode ini menggunakan graph keadaan,dibutuhkan 2 antrian yang berisi node-node yaitu :
  • OPEN,Merupakan node yang telah dibangkitkan namun belum di uji
  • CLOSED,Merupkan node yang telah di bangkitkan dan telah di uji
ALGORITMA
  • Tempatkan node awal A pada antrian OPEN
  • Kerjakan langkah-langkah berikut hingga tujuan ditemukan atau antrian OPEN sudah kosong :
  • Ambil node terbaik dari OPEN
  • Bangkitkan semua successornya
  • Untuk tiap-tiap successor kerjakan :
  • Jika node tersebut belum pernah dibangkitkan sebelumnya,evaluasi node tersebut dan masukkan ke OPEN;
  • Jika node tersebut sudah pernah dibangkitkansebelumnya,ubah parent jika lintasan baru lebih menjanjikan.Hapus node tersebut dari antrian OPEN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar