PENCARIAN
Materi ini membahas lanjutan dari materi sebelumnya,di materi ini kita akan membahas lebih dalam tentang Pencarian Heuristik
PENCARIAN
Ada empat metode pencarian heuristik :
- Pembangkit dan Pengujian (Generate & Test)
- Pendakian Bukit (Hill Climbing)
- Pencarian terbaik pertama (Best First Search)
- Simulated Annealing
Pencarian terbaik pertama (Best First Search)
Pengertian : Metode best-first search ini merupakan kombinasi dari metode depth-first search dan metode breadth-first search dengan mengambil kelebihan dari kedua metode tersebut.
1. Penentuan node berikutnya adalah node yang terbaik yang pernah di bangkitkan
2. Menggunakan informasi
- Biaya perkiraan
Biaya sebenarnya
3. Terdapat dua jenis
- Greedy Best First Search = biaya perkiraan f(n)=h(n)
- A* = f(n)=g(n) + h(n)
Keuntungan :
- Memperbolehkan kembali ke node pada level lebih rendah meskipun node pada level terendah tersebut memiliki nilai heuristik lebih rendah
Untuk mengimplementasikan metode ini menggunakan graph keadaan,dibutuhkan 2 antrian yang berisi node-node yaitu :
- OPEN,Merupakan node yang telah dibangkitkan namun belum di uji
- CLOSED,Merupkan node yang telah di bangkitkan dan telah di uji
ALGORITMA
- Tempatkan node awal A pada antrian OPEN
- Kerjakan langkah-langkah berikut hingga tujuan ditemukan atau antrian OPEN sudah kosong :
- Ambil node terbaik dari OPEN
- Bangkitkan semua successornya
- Untuk tiap-tiap successor kerjakan :
- Jika node tersebut belum pernah dibangkitkan sebelumnya,evaluasi node tersebut dan masukkan ke OPEN;
- Jika node tersebut sudah pernah dibangkitkansebelumnya,ubah parent jika lintasan baru lebih menjanjikan.Hapus node tersebut dari antrian OPEN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar